Kamis, 27 Desember 2012

Tim Terbaik Paruh Musim La Liga 2012-2013

Tim Terbaik Paruh Musim La Liga 2012-2013Meski baru 17 jornada yang terlewati namun kompetisi La Liga Spanyol sudah dianggap masuk ke paruh musim karena sedang libur musim dingin, dan baru akan digulirkan lagi di 5 Januari 2013.


Dari perjalanan 17 pekan tersebut kami menyusun siapa saja yang telah menjadi pemain terbaik di posisinya masing-masing, dan kemudian merangkumnya ke dalam tim terbaik paruh musim 2012-2013 ini.

Penilaian ini didasarkan kepada statistik yang diolah oleh Opta. jadi pemilihan bukan berdasar nama besar pemain, melainkan memperhitungkan rasio macam berikut ini yang diakumulasikan tiap pekannya:
  • jumlah menit bermain.
  • rasio penyelamatan (kiper).
  • rasio tekel (bek).
  • rasio kesuksesan umpan (gelandang).
  • rasio gol (striker).
(wsc/lex)

1. Kiper: Gorka Iraizoz

Kiper: Gorka Iraizoz

Gorka Iraizoz
Klub: Athletic Bilbao
Usia: 31 Tahun
Poin: 7,20

Ketika musim ini Bilbao masih terus melewati periode sulit, Iraizoz menjadi personil yang berkinerja terbaik. Sejatinya ia sudah 34 kali kebobolan dan kalah dari kiper Malaga Willy Caballero yang baru kebobolan 12 gol (terminim sementara waktu). Namun dari penilaian kinerja individu dia yang terbaik.


2. Bek Kanan: Damia

Bek Kanan: Damia

Damia
Klub: Osasuna
Usia: 30 Tahun
Poin: 7,40


Jangan kaget jika nama Dani Alves tergeser, sebab Alves lebih sering cedera musim ini. Damia terpilih berkat sumbangsih besarnya di lini belakang Osasuna.Salah satu bek sayap yang paling sering melakukan tekel dan memenangi duel bola udara.


3. Bek Tengah Sisi Kanan: Sergio Ramos

Bek Tengah Sisi Kanan: Sergio Ramos

Sergio Ramos
Klub: Real Madrid
Usia: 26 Tahun
Poin: 7,40


Salah satu nama besar yang masuk ke deretan lini belakang tim terbaik paruh musim ini. Dirinya semakin mumpuni bagi Real, selalu turun di 17 laga Los Blancos bahkan sempat memberikan sumbangan satu gol di paruh pertama La Liga.


4. Bek Tengah Sisi Kiri: Martin Demichelis

Bek Tengah Sisi Kiri: Martin Demichelis

Martin Demichelis
Klub: Malaga
Usia: 32 Tahun
Poin: 7,40


Kendati usianya sudah tak lagi muda, bek asal Argentina ini adalah salah satu alasan Malaga menjadi pemilik pertahanan terbaik di paruh pertama La Liga kali ini. Demichelis adalah pemain yang ibaratnya mendapatkan kehidupan kedua di bawah arahan Pellegrini, dia juga sudah mencetak 2 gol bagi klubnya.


5. Bek Kiri: Adriano

Bek Kiri: Adriano

Adriano
Klub: Barcelona
Usia: 28 Tahun
Poin: 7,40


Bek sayap serba bisa, Adriano cakap bermain di kanan maupun kiri sejauh ini ia telah sanggup menyumbang 5 gol bagi El Barca. Permainannya saat ini mengingatkan masa keemasannya ketika masih berseragam putih milik Sevilla.


6. Pemain Sayap Kanan: Patrick Ebert

Pemain Sayap Kanan: Patrick Ebert

Patrick Ebert
Klub: Real Valladolid
Usia: 25 Tahun
Poin: 7,50


Salah satu nama dari klub kecil yang masuk ke daftar ini, kendati hanya bermain di Real Valladolid dirinya punya andil yang sangat besar. Selain mencetak 3 gol ia juga sudah memberikan 4 assist bagi timnya yang berada di papan tengah itu.


7. Pemain Tengah: Cesc Fabregas

Pemain Tengah: Cesc Fabregas

Cesc Fabregas
Klub: Barcelona
Usia: 25 Tahun
Poin: 7,50


Satu lagi personil juara paruh musim Barcelona yang masuk ke daftar ini, Fabregas mulai menyatu di musim keduanya berbaju Blaugrana menjadi kreator 9 gol Barca dari assist yang ia susun, selain itu ia juga sanggup membukukan 5 bijo gol dari lini kedua Barca.


8. Pemain Tengah: Ignacio Camacho

Pemain Tengah: Ignacio Camacho

Ignacio Camacho
Klub: Malaga
Usia: 22 Tahun
Poin: 7,40


Aslinya Camacho adalah didikan akademi Atletico Madrid, namun ia malah matang di perantauan bersama Malaga. Gelandang ini paling menonjol dalam duel perebutan bola dan punya prosentase passing sukses sebanyak 79,3 persen.


9. Pemain Sayap Kiri: Cristiano Ronaldo

Pemain Sayap Kiri: Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo
Klub: Real Madrid
Usia: 27 Tahun
Poin: 7,90


Real Madrid masih jauh ketimbang musim lalu kiprah, Cristiano Ronaldo juga belum segarang musim kemarin. Namun CR7 tetap menjadi salah satu yang berkierja terbaik di separuh musim ini. Mencetak 14 gol dan nangkring di peringkat 3 daftar El Pichichi sementara.


10. Penyerang: Lionel Messi

Penyerang: Lionel Messi

Lionel Messi
Klub: Barcelona
Usia: 25 Tahun
Poin: 9,00


Kepingan ini tak akan lengkap tanpa dirinya, baru 17 jornada terlewati ia sudah mengemas 26 gol, di Liga lain bisa jadi ia sudah dinobatkan sebagai top skornya dalam semusim penuh. Tak perlu diragukan lagi dia pemain terbaik di paruh pertama dengan poin bulat 9.


11. Penyerang: Radamel Falcao

Penyerang: Radamel Falcao

Radamel Falcao
Klub: Atletico Madrid
Usia: 26 Tahun
Poin: 7,40


Menjadi pesaing terdekat Messi di daftar top skor, meski tidak terlalu dekat karena jumlah golnya 17, terpaut 9 dari si Kutu. El Tigre tetaplah salah satu fenomena besar di paruh musim ini, bukan hanya di La Liga mungkin juga Eropa. Bahkan di ajang Piala Super Eropa ia sempat menggelontor Chelsea sebanyak 3 gol.


12. Formasi:

Formasi:


Tim Terbaik Paruh Musim La Liga 2012-2013 (4-4-2):
Iraizoz; Damia, Ramos, Demichelis, Adriano; Ebert, Fabregas, Camacho, Ronaldo; Messi, Falcao.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar