Selasa, 18 Desember 2012

BlackBerry 10 kok Mirip iPhone 5?

BlackBerry 10 kok mirip iPhone 5?Sosok BlackBerry 10 L-Series yang rencananya akan diluncurkan pada Januari 2013 telah terbongkar.
Namun ada faktor mengganggu pada penampilan Blackberry 10 tersebut. Koksmartphone Blackberry 10 mirip iPhone?

Pada foto di atas nampak sosok BlackBerry 10 tengah disandingkan dengan iPhone 5. Nampak pada kedua foto tersebut adanya unsur kemiripan satu sama lain. Walaupun dari tampilan sistem operasi keduanya berbeda, namun fisik keduanya memiliki unsur yang sama.

Bentuk dasar BlackBerry 10 L-Series sama seperti iPhone 5, Persegi panjang dengan lekukan halus di keempat sudutnya. Warnanya yang juga sama-sama hitam juga semakin menambah faktor kemiripan. Kedua smartphone juga memiliki bezel tipis yang membatasi layar dengan tepi handset.

Kemiripan antara Blackberry 10 L-Series dan iPhone 5 tentu menimbulkan pertanyaan. Apakah RIM tidak takut dituntut oleh Apple terkait kemiripan ini? Perusahaan asal Cupertino, Amerika Serikat ini dikenal tak sungkan menuntut pihak yang melanggar paten milik mereka.

Sebagai contoh, Galaxy S2 juga memiliki kesamaan fisik terhadap iPhone. Galaxy S2 diketahui juga berbentuk persegi panjang dengan lekukan halus di bagian sudutnya. Hasilnya Galaxy S2 dituntut oleh Apple dan kalah di pengadilan. Sosok Galaxy S2 dapat Anda lihat di gambar berikut.

Apakah hal yang dilakukan oleh Samsung ini tidak menjadi pelajaran bagi RIM?

Belum diketahui tindakan Apple terhadap kemiripan ini mengingat BlackBerry 10 sendiri belum diluncurkan ke pasar. Penggemar BlackBerry 10 masih harus menunggu peluncurannya pada 2013.

[ikh]


1 komentar: