Minggu, 09 Desember 2012

10 Pemain Top Yang Bisa Didapat Gratis Januari Nanti

10 Pemain Top Yang Bisa Didapat Gratis Januari NantiBursa transfer tengah musim akan segera datang. Sebagian besar klub di Eropa pastinya sudah punya persiapan untuk memperbaiki skuad dengan cara melakukan transfer pemain, entah menjual atau membeli.


Salah satu yang paling menjadi perhatian menjelang dibukanya pasar pemain bulan depan adalah banyaknya pemain hebat yang berpotensi pergi dengan gratis pada akhir musim. Para pemain yang kontraknya berakhir pada Juni mendatang kini menjadi sorotan banyak klub.

Klub diizinkan (secara legal) untuk melakukan pendekatan langsung kepada para pemain yang kontraknya menyisakan enam bulan saja. Jika sang pemain setuju untuk pindah, maka ia akan berganti klub setelah kontraknya habis.

Klub-klub yang memiliki pemain yang kontraknya hampir berakhir juga dalam dilema besar. Mereka dihadapkan pada pilihan untuk melepas pemain tersebut dengan harga murah atau merelakannya pergi secara gratis pada akhir musim.

Berikut adalah 10 pemain top yang kontraknya akan berakhir pada akhir musim nanti. (ffp/hsw)

1. Carles Puyol

Carles Puyol

Puyol adalah legenda Barcelona, tak diragukan lagi. Ia telah berada di Barca sejak tahun 1995 dan juga sudah mempersembahkan banyak trofi untuk La Blaugrana.

Bek tengah ini masih menjadi pemain kunci skuad Barca. Kehadirannya memberi pengaruh positif kepada pertahanan Barca yang sempat rapuh pada awal musim ini.

Barca sedang berusaha memperpanjang kontrak kaptennya itu saat ini. Namun andainya kesepakatan gagal dicapai, besar kemungkinan Puyol akan meninggalkan Eropa.

2. Rio Ferdinand

Rio Ferdinand

Ferdinand telah menjadi tembok kokoh bagi Manchester United dan timnas Inggris selama lebih dari satu dekade. Bersama United, ia juga telah memenangkan segalanya.

Ferdinand telah mengantongi lebih dari 500 pertandingan liga bersama West Ham, Leeds United dan Manchester United. Sejauh ini, ia selalu menjadi figur yang dicintai di mana pun dia bermain.

Usia Ferdinand telah menginjak angka 34 tahun. Ia sadar bahwa kariernya sudah mendekati akhir. United sepertinya juga tak terlalu tertarik untuk memperpanjang kontraknya. Menarik untuk melihat kemana Ferdinand akan pergi pada akhir musim nanti.

3. Yoann Gourcuff

Yoann Gourcuff

Gelandang Prancis ini mulai menarik perhatian ketika membela Rennes. Bakatnya kemudian tercium oleh raksasa Italia AC Milan.

Tiga tahun di Milan, Gourcuff gagal menembus skuad utama. Ia kemudian dipinjamkan ke Bordeaux dan menjalani musim yang luar biasa. Ia bahkan terpilih menjadi pemain terbaik Prancis pada 2009.

Kehebatan Gourcuff sempat meredup setelah bergabung dengan Lyon. Ia banyak diganggu cedera dan kesulitan tampil maksimal. Namun begitu bisa fit, Gourcuff kembali menunjukkan kelasnya sebagai gelandang serang elegan.

4. Theo Walcott

Theo Walcott

Walcott adalah produk akademi Southampton yang cukup terkenal di Inggris. Ia menjadi pemain termuda yang mencetak gol bagi timnas Inggris. Bukan itu saja, Walcott juga menjadi pemain termuda yang bisa mencetak hattrick bagi The Three Lions.

Beberapa pengamat menganggap Walcott tidak menunjukkan potensi penuh selama enam tahun bersama Arsenal. Kecepatannya tak perlu diragukan, namun sentuhan akhirnya seperti tak terasah bersama The Gunners.

Arsenal berusaha keras untuk memperbarui kontrak Walcott. Jika gagal, Liverpool dan Juventus sudah siap menjadi pelabuhan baru bagi Walcott.

5. Frank Lampard

Frank Lampard

Kehadiran Lampard di skuad Chelsea dan timnas Inggris selalu tak tergantikan, setidaknya hingga musim ini. Ia adalah salah satu gelandang paling produktif sepanjang sejarah Premier League.

Lampard telah tiga kali dinobatkan sebagai pemain terbaik Chelsea. Ia juga menjadi top skorer sepanjang masa ketiga The Blues dengan catatan 186 gol dalam semua kompetisi. Di Premier League, ia adalah satu dari enam pemain yang bisa mencetak lebih dari 150 gol di era Premier League.

Mantan pemain West Ham ini menjadi korban kebijakan Roman Abramovich yang tidak mau memperpanjang kontrak pemain berusia di atas 30 tahun lebih dari satu musim. Arsenal dan LA Galaxy disebut tertarik untuk memboyong Lampard pada akhir musim nanti.

6. Klaas-Jan Huntelaar

Klaas-Jan Huntelaar

Ketika masih bersama Ajax Amsterdam, Huntelaar adalah penyerang yang sangat tajam. Ia seolah-olah mencetak gol untuk sekedar bersenang-senang saja. Kepindahan ke Real Madrid dan kemudian AC Milan sempat membuat penampilannya sedikit meredup.

Huntelaar seperti terlahir kembali setelah bergabung dengan Schalke. Ketajamannya kembali dan ia menjadi salah satu penyerang paling ditakuti di Bundesliga.

Tujuan utama Huntelaar setelah Schalke sepertinya adalah tanah Inggris. Arsenal dan Liverpool disebut siap menampung The Hunter.

7. Fernando Llorente

Fernando Llorente

Ketika musim 2011/12 berakhir, Athletic Bilbao dipenuhi kekecewaan sekaligus harapan. Bilbao gagal di final dua turnamen besar; Copa del Rey dan Liga Europa.

Pahlawan Bilabo saat itu adalah Fernando Llorente dan Javi Martinez. Llorente sendiri mencetak 29 gol dalam semua kompetisi musim itu. Namun Llorente sepertinya ingin mencari tantangan baru.

Llorente menolak memperpanjang kontraknya bersama Bilbao. Juventus, Arsenal dan Liverpool disebut-sebut sebagai pihak yang tertarik mendatangkan penyerang timnas Spanyol ini.

8. Ashley Cole

Ashley Cole

Ashley Cole sering disebut sebagai salah satu bek kiri terbaik yang pernah ada. Ia kuat dalam bertahan, bagus dalam menyerang dan punya kecepatan tinggi.

Ia juga telah memenangkan segalanya di level klub bersama Chelsea. Sayang, Cole juga menjadi korban kebijakan perpanjangan kontrak di Chelsea.

Banyak klub yang tertarik untuk memboyong Cole musim depan. Tapi di antara semuanya, PSG mungkin adalah yang paling serius sekaligus memiliki kemampuan finansial untuk menampung mantan pemain Arsenal ini.

9. William Gallas

William Gallas

Di tanah Inggris, Gallas selalu sukses meski sudah membela tiga klub London yang berbeda. Uniknya, Gallas membela tiga tim yang terlibat rivalitas panas, mulai dari Chelsea, Arsenal hingga Tottenham.

Gallas bisa dipasang sebagai bek tengah maupun bek kiri. Skill serta determinasinya yang tinggi membuat Gallas masih mendapat tempat di Tottenham saat ini, meski usianya sudah mencapai 35 tahun.

Musim ini Gallas juga masih menunjukkan permainan bagus di jantung pertahanan Spurs. Entah ke mana ia akan berlabuh ketika kontraknya berakhir Juni nanti.

10. Michael Essien

Michael Essien

Essien tak butuh waktu lama untuk menjadi bintang di Premier League sejak didatangkan Chelsea dari Lyon. Gelandang tangguh ini bahkan terpilih menjadi pemain terbaik Chelsea pada musim 2006/07.

Pada Juli 2011, Essien mengalami cedera ligamen parah. Ia kemudian kesulitan menunjukkan permainan terbaiknya setelah cedera itu.

Essien saat ini bereuni dengan Jose Mourinho di Real Madrid sebagai pemain pinjaman. Saat kontraknya berakhir Juni nanti, akan banyak klub yang bersedia menampung gelandang asal Ghana ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar