Selasa, 25 Desember 2012

20 Transfer Januari Termahal Sepanjang Sejarah

20 Transfer Januari Termahal Sepanjang SejarahBursa transfer Januari atau bursa transfer musim dingin sudah di depan mata. Langkah yang diambil klub-klub di titik ini biasanya berpengaruh terhadap sepak terjang mereka di sisa kompetisi.


Kemungkinannya ada dua: positif atau negatif.

Pembelian yang tepat bisa membuat mereka tersenyum di akhir musim, tapi begitu juga sebaliknya.

Selama bertahun-tahun, nominal yang dikeluarkan untuk membeli pemain di bursa musim dingin juga tak kalah dari bursa musim panas. Bahkan, tak jarang ada pembelian yang sampai membuat publik geleng-geleng kepala.

Sekali lagi, harga mahal tak menjadi jaminan. Tak semua pemain yang berganti kostum di tengah musim memberi dampak signifikan. Namun, tak jarang pula, sebuah klub bahkan sanggup tembus jadi juara berkat suntikan amunisi anyar tersebut.

Berikut ini 20 transfer musim dingin termahal sepanjang sejarah (referensi: transfermarkt.co.uk) beserta kontribusi pemain yang bersangkutan terhadap klub barunya. (br/tm/gia)


20. Ever Banega

Ever Banega

Boca Juniors ke Valencia (2008)
Harga: £16 juta

Ever Banega hijrah ke Valencia setelah memenangi Copa Libertadores bersama Boca.

Gelandang Argentina tersebut, yang baru saja memulai karier profesional di Boca sebagai pengganti Fernando Gago (hijrah ke Real Madrid setahun sebelumnya), direkrut Valencia senilai £16 juta.

Banega, yang waktu itu berusia 20 tahun, gagal membuktikan diri layak dihargai mahal akibat kombinasi cedera serta inkonsistensinya di atas lapangan.

19. Nigel De Jong

Nigel De Jong

Hamburg ke Manchester City (2009)
Harga: £16 juta

Kontrak Nigel De Jong saat itu sudah mendekati akhir. Tak ayal, sejumlah klub besar Eropa pun berusaha mendapatkannya. Manchester City adalah salah satunya.

The Citizens berhasil menyisihkan para pesaing dengan menebus gelandang Belanda tersebut seharga £16 juta. Langkah yang terbilang sukses. Keberadaan De Jong dengan kekuatan fisiknya membuat lini tengah City bertenaga. Ketiadaan De Jong setelah dilego ke AC Milan musim panas kemarin pun sepertinya sudah mulai terasa di Etihad.

18. Giampaolo Pazzini

Giampaolo Pazzini

Sampdoria ke Inter Milan (2011)
Harga: £16 juta

Kombinasi brilian Giampaolo Pazzini dan Antonio Cassano harus berakhir pada 2011 setelah Inter memboyong striker Italia itu ke Giuseppe Meazza dengan biaya transfer sebesar £16 juta.

Namun, keberadaan Diego Milito membuat Pazzini gagal menunjukkan potensi terbaiknya. Setelah 18 bulan yang mengecewakan, dia menyeberang ke rival sekota Nerazzurri, AC Milan.

17. Andrea Ranocchia

Andrea Ranocchia

Genoa ke Inter Milan (2010)
Harga: £16,5 juta

Andrea Ranocchia menciptakan duet pertahanan tangguh bersama Leonardo Bonucci ketika dipinjamkan Genoa ke Bari.

Kedua pemain ini lalu pindah ke klub yang lebih besar pada 2010 setelah talenta mereka mendapat pengakuan. Bonucci ke Juventus, sedangkan Ranocchia ke Inter.

Inter merekrutnya dengan total biaya transfer sebesar £16,5 juta. Meski belum mencapai potensi terbaik, pelatih Andrea Stramaccioni menilai bek 24 tahun tersebut sebagai bagian penting dalam rencananya.

16. Nicolas Anelka

Nicolas Anelka

Bolton ke Chelsea (2008)
Harga: £17,5 juta

Nicolas Anelka sedang menikmati kesuksesan bersama Bolton ketika Chelsea meminangnya. The Blues pun menjadi klub kesembilan dalam karier striker Prancis tersebut.

Biaya transfer £17,5 juta yang dikeluarkan Chelsea untuk sang veteran tak terbuang percuma. Anelka sanggup tampil konsisten, bahkan sampai selama empat tahun di Stamford Bridge. Empat tahun itu sendiri merupakan durasi terlama Anelka memperkuat sebuah klub.

Anelka juga menyabet sepatu emas Premier League pada 2009 dengan torehan 19 gol dalam 36 pertandingan.

15. Lassana Diarra

Lassana Diarra

Portsmouth ke Real Madrid (2009)
Harga: £17,5 juta

Lassana Diarra merupakan salah satu bintang yang pernah dimiliki Portsmouth. Ketika masalah finansial datang melanda, Pompey pun terpaksa melakukan penjualan.

Eks pemain Chelsea dan Arsenal itu digaet Los Merengues senilai £17,5 juta pada 2009, tapi dia tak sanggup mempertahankan tempat di tim utama hingga akhirnya dilego ke Anzhi Makhachkala.

14. Fernando Gago

Fernando Gago

Boca Juniors ke Real Madrid (2007)
Harga: £18 juta

Fernando Gago diharapkan bisa menjadi salah satu bintang lapangan tengah Real Madrid ketika direkrut dari Boca Juniors pada tahun 2007 silam.

Akan tetapi, gelandang bertahan Argentina itu gagal menunjukkan kemampuan terbaiknya.

Saat dipinjamkan ke AS Roma pun tak jauh beda. Giallorossi bahkan sampai melewatkan kesempatan untuk memilikinya secara permanen. Kini, Gago tengah berusaha memperbaiki karier bersama Valencia.

13. Geovanni

Geovanni

Cruzeiro ke Barcelona (2002)
Harga: £18,5 juta

Geovanni pernah jadi salah satu topik terpanas dalam dunia sepak bola ketika diboyong Barcelona dari Cruzeiro. Saat itu, dia juga diperebutkan oleh Arsenal dan Juventus.

Namun, di Camp Nou, gelandang serang/winger Brasil itu hanya lebih sering tampil sebagai pemain pengganti. Berselisih dengan pelatih Carles Rexach, dia pun lantas pindah ke Benfica.

12. Pablo Aimar

Pablo Aimar

River Plate ke Valencia (2001)
Harga: £18,5 juta

Pablo Aimar adalah pemain spesial. Gelandang serang River Plate tersebut dianggap sebagai salah satu pemain muda terbaik di Argentina waktu itu.

Aimar kemudian bersinar di La Liga dan memukau para pendukung Valencia dengan keseimbangan, teknik serta visi permainannya yang di atas rata-rata.

River Plate mungkin tak pernah berniat melepas Aimar, tapi ketika Los Che sanggup menebus banderolnya yang sebesar £18,5 juta, mereka pun tak bisa berbuat apa-apa.

11. Darren Bent

Darren Bent

Sunderland ke Aston Villa (2011)
Harga: £19 juta

Darren Bent adalah salah satu pembelian paling 'gila' di bursa Januari 2011. Saat itu, dia digaet Aston Villa dengan biaya £19 juta dari Sunderland.

Hingga kini, Bent mencetak 20 gol dalam 48 pertandingan, tapi manajer baru Paul Lambert telah membekukannya dari skuad. Sang striker berniat pindah klub, dan Villa pun sepertinya harus siap untuk merugi.

10. Hidetoshi Nakata

Hidetoshi Nakata

Perugia ke Roma (2000)
Harga: £19 juta

Hidetoshi Nakata adalah salah satu bintang di masa-masa keemasan Serie A. Roma memboyongnya dari Perugia ke Olimpico dengan dana yang tidak sedikit, yaitu £19 juta.

Nakata hanya semusim bersama Roma. Namun, dia memainkan peranan penting dalam keberhasilan Roma meraih Scudetto, khususnya ketika menjadi inspirasi Giallorossi meraih hasil imbang 2-2 melawan Juventus setelah sempat tertinggal 0-2.

Berkat hasil itu, Roma sukses menjaga keunggulan enam angka di klasemen liga.

9. Jose Antonio Reyes

Jose Antonio Reyes

Sevilla ke Arsenal (2004)
Harga: £20 juta

Jose Antonio Reyes mengepakkan sayap di Inggris dengan cara yang sensasional.

Reyes melakoni debut pada Februari 2004 dalam kemenangan 2-1 atas Manchester CIty. Pada bulan yang sama, Reyes mencetak dua gol untuk mengeliminasi Chelsea dari Piala FA. Dia juga berperan dalam kesuksesan Arsenal membukukan rekor tak terkalahkan di Premier League.

Akan tetapi, Reyes kemudian tak sanggup menjaga konsistensi permainannya dan dipulangkan kembali ke La Liga.

8. Clarence Seedorf

Clarence Seedorf

Real Madrid ke Inter Milan (2000)
Harga £21,5 juta

Clarence Seedorf adalah salah satu pemain paling bertabur gelar dalam dunia sepak bola.

Gelandang Belanda itu mengejutkan seantero Eropa ketika pindah dari Real Madrid ke Inter dengan biaya transfer sebesar £21,5 juta pada tahun 2000 silam.

Namun, dua musim tanpa trofi bersama Nerazzurri membuat Seedorf melompat ke klub sekota, Milan. Itu terbukti menjadi keputusan paling krusial dalam kariernya.

7. Luis Suarez

Luis Suarez

Ajax ke Liverpool (2011)
Harga: £23,5 juta

Luis Suarez meninggalkan Ajax pada 2011 setelah menjalani empat tahun nan spektakuler bersama klub Belanda tersebut, mencetak 81 gol dalam 110 pertandingan.

Sebuah prestasi yang membuat banyak kalangan, khususnya Liverpool, berharap striker Uruguay itu dapat menggantikan peran Fernando Torres, yang hengkang ke Chelsea. Namun, saat itu, sinarnya belum terlalu terlihat.

Sekarang, tak ada yang meragukan bahwa Suarez adalah seorang pemain berlevel world class dan The Reds pun pasti merasa uang £23,5 juta yang mereka keluarkan untuk memboyongnya bukanlah sesuatu yang sia-sia.

6. Klaas-Jan Huntelaar

Klaas-Jan Huntelaar

Ajax ke Real Madrid (2009)
Harga: £24 juta

Klaas-Jan Huntelaar merupakan salah satu finisher paling mematikan di persepakbolaan Eropa, dan Real Madrid mendapatkan tanda tangannya pada 2004 seharga £24 juta.

Striker Belanda itu tak mengecewakan jika diturunkan ke lapangan, mencetak delapan gol dalam 20 pertandingan. Namun, minimnya kesempatan bermain memaksa Huntelaar hengkang setelah hanya satu musim di Santiago Bernabeu.

5. Edin Dzeko

Edin Dzeko

Wolfsburg ke Manchester City (2011)
Harga: £27 juta

Edin Dzeko menghebohkan Bundesliga ketika Manchester City merekrutnya senilai £27 juta pada 2011.

Striker 26 tahun Bosnia itu sempat kesulitan beradaptasi pertama kali menginjakkan kaki di Etihad. Setelah itu, dia rajin mencetak gol setiap kali timnya membutuhkan.

Namun, entah kenapa, hingga sekarang, Dzeko tak juga bisa mengamankan satu tempat reguler di tim utama.

4. Andy Carroll

Andy Carroll

Newcastle ke Liverpool (2011)
Harga: £35 juta

Andy Carroll dibeli Liverpool setelah melepas Fernando Torres ke Chelsea pada detik-detik penutupan bursa transfer Januari 2011.

Akan tetapi, separuh lebih uang hasil penjualan Torres yang dipakai The Reds untuk memboyongnya ke Anfield bisa dibilang berakhir sia-sia.

Carroll sebenarnya talenta potensial, saat itu dia baru berusia 22, tapi nilai transfer yang megah tak berbanding lurus dengan kontribusinya di atas lapangan. Musim ini, manajer Brendan Rodgers bahkan meminjamkannya ke West Ham.

3. Lucas Moura

Lucas Moura

Sao Paulo ke PSG (2013)
Harga: £36,8 juta

Meski deal pembelian Lucas Moura oleh PSG sudah resmi, tapi hasilnya belum bisa kita lihat. Pasalnya, gelandang serang Brasil ini baru akan pindah ke Paris pada bursa Januari mendatang.

Lucas dianggap sebagai salah satu talenta muda terbaik di Negeri Samba.

PSG sukses mengamankan tanda tangan Lucas dengan gelontoran dana £36,8 juta sekaligus menyisihkan sejumlah klub besar lain dari persaingan.

2. Christian Vieri

Christian Vieri

Lazio ke Inter Milan (2000)
Harga: £39,6 juta

Christian Vieri, yang baru setahun bergabung dengan Lazio dari Atletico Madrid, memecahkan rekor transfer waktu itu setelah Inter membelinya seharga £39,6 juta.

Bersama Inter, dia dianggap sukses untuk level individu, mencetak 103 gol dalam 143 pertandingan.

Namun, selama diperkuat dirinya, Nerazzurri hanya sanggup menyabet satu trofi Coppa Italia.

1. Fernando Torres

Fernando Torres

Liverpool ke Chelsea (2011)
Harga: £50 juta

Rekor transfer paruh musim termahal adalah milik Fernando Torres, yaitu ketika dia meninggalkan Liverpool demi kesempatan meraih trofi bersama Chelsea.

Torres memang sukses memenangi Piala FA dan Liga Champions musim lalu, tapi kontribusi striker Spanyol itu untuk The Blues secara garis besar tidaklah sebanding dengan harganya yang fenomenal.

Di Stamford Bridge, Torres seolah kehilangan kepercayaan diri dan insting membunuh, tak seperti di masa-masa terbaiknya kala masih berseragam merah. Namun, saat ini, berkat kehadiran Rafael Benitez, perlahan tapi pasti Torres mulai menemukan lagi jiwa predatornya.

Bukan tak mungkin, Torres bakal kembali jadi salah satu striker yang paling ditakuti. Jika itu terwujud, Roman Abramovich pun takkan menyesal telah menggelontorkan biaya £50 juta untuk memboyongnya dari Anfield 2011 silam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar