Selasa, 12 Februari 2013

Madrid-MU, Final Yang Terlalu Dini

Madrid-MU, Final Yang Terlalu DiniHanya dalam hitungan jam penggemar sepakbola Eropa akan kembali diberikan sajian Liga Champions yang akan memasuki babak 16 besar, dan jika kita melihat hasil undiannya maka tidak salah jika banyak yang menilai partai Final “kepagian” sudah akan tersaji terlalu dini.


Tanpa bermaksud merendahkan kualitas partai lain di babak ini, semua pertandingan adalah partai besar, namun jika melihat klub-klub major yang memiliki akar dan tradisi kuat di Liga ini sudah harus saling “membunuh” seperti: Real Madrid vs Manchester United dan AC Milanvs Barcelona, maka tidak ada salahnya penulis mencantumkan partai-partai ini sebagai dua urutan teratas.

Kali ini penulis akan mencoba mengulas pertandingan Final yang kepagian di babak 16 besar yang paling dekat akan tersaji di negara Spanyol tepatnya Santiago Bernabeu markas Real Madrid yang akan menjamu wakil dari Inggris yaitu Manchester United pada tanggal 14 Februari 2013, gugurnya salah satu dari klub ini nanti akan sangat berpengaruh kepada penggemar mereka yang mana seperti kita ketahui bersama bahwa kedua klub ini sangat banyak memiliki penggemar di seluruh dunia.

Banyak penggemar sepakbola Eropa yang menginginkan Real Madriddapat kembali merasakan juara Liga Champion yang sudah cukup lama tidak mereka peroleh, terlebih lagi dengan tambahan 1 kali juara lagi mereka akan menggenapkan koleksi trofi Champions menjadi 10 atau yang lebih trend saat ini disebut “La Decima”, skuad yang Madrid miliki saat ini plus Jose Mourinho sebagai nahkoda seharusnya menjadi sebuah jaminan untuk dapat memperolehnya.

Manchester United-pun tidak kalah pentingnya, dengan performa apik klub ini di Liga Premier Inggris yang saat ini posisinya hampir sama dengan seteru abadi Real yaitu Barcelona (Di posisi 1 klasemen dengan selisih 2 digit dari peringkat ke-2), kematangan skuad dan tambahan amunisi penting seperti Van Persie membuat Wayne Rooney bukan lagi menjadi satu-satunya striker mematikan yang dimiliki si Setan Merah, belum lagi jika kita lihat sosok Sir Alex Ferguson yang sudah sangat paham dengan klub ini, dan setiap tahun rumor mengenai kepastian Ferguson akan pensiun setelah menjuarai Liga Inggris maupun Liga Champion selalu saja mencuat tanpa ada yang tahu pasti kebenarannya.

Berikut data-data dan fakta yang penulis rangkum mengapa babak 16 besar antara Real Madrid vs Manchester United lebih menyita perhatian daripada pertandingan-pertandingan lainnya: (bola/lex)

1. Real Madrid Facts

Real Madrid Facts

  • Real Madrid bertemu Manchester United pertama kali pada tahun 1957, semenjak waktu itu nama-nama mentereng telah banyak menghiasi pertandingan mereka, diantaranya: Alfredo Di Stefano, Paco Gento, Duncan Edwards, Bobby Charlton, Best, Beckham, Zinedine Zidane, Paul Scholes, Roberto Carlos dan Ronaldo dari Brasil.
  • Posisi Real Madrid di Liga yang nampaknya sudah mengibarkan bendera putih untuk mempertahankan mahkotanya menjadi motivasi khusus bagi klub ini untuk dapat menambahkan gelar ke-10/La Decima di Liga Champion, dan untuk inilah Mourinho didatangkan Madrid selain memutuskan dominasi Barcelona di Liga Spanyol yang sudah dilakukannya dengan baik musim kemarin.
  • Jose Mourinho mengingatkan media melalui kalimat “Porto dan Intermilan lolos dari fase grup dengan peringkat kedua untuk kemudian menjadi juara, klub yang lolos di peringkat pertama fase grup kali ini mengira mereka akan mendapat lawan yang lebih mudah di babak Knock Out, namun ketika mereka mengetahui yang menjadi lawannya adalah Real Madrid, ini akan menjadi berita buruk.”
  • Beberapa kali pertemuan 2 manajer ini hasilnya lebih memihak kepada Mourinho. Total dari 14 pertemuan Mou vs Fergie, Mourinho menang 6 kali, 5 kali seri dan Fergie cuman menang 3 kali.
  • Cristiano Ronaldo, mesin gol Real Madrid ini pernah membela panji Manchester United sebelum di transfer ke Madrid dengan harga fantastis yang rekornya belum terpecahkan hingga kini, Ronaldo membela United sejak umur 18 tahun, dan selama 6 tahun membela klub ini ia ikut memberikan banyak gelar bagi klub termasuk Liga Champions, ia juga memperoleh segudang penghargaan individu termasuk pemain terbaik Eropa yang sejak ia pindah ke Real Madrid gelar itu terus menerus diterima Lionel Messi dari Barcelona.
  • Punggawa berpengalaman, beberapa pemain Real Madrid telah cukup kenyang pengalaman bermain melawan Manchester United di liga Inggris, diantaranya Michael Essien dan Xabi Alonso.
  • Cederanya Iker Casillas nampaknya sangat berpengaruh dalam beberapa pertandingan terakhir Real Madrid di Liga Spanyol.
  • Pemain inti di lini pertahanan kondisinya sedikit meragukan karena baru pulih dari cedera, namun sepertinya bek tengah Pepe sudah bakal dapat bermain.
  • Berita bahwa Mourinho beberapa kali terlibat friksi dengan anak buahnya selalu saja santer terdengar, terlebih lagi karena ada nama-nama Iker Casillas; Sergio Ramos; dan Cristiano Ronaldo di sana.

2. Manchester United Facts

Manchester United Facts

  • Posisi United di klasemen EPL saat ini sedikit membuat tenang Ferguson, dengan jarak yang lumayan jauh (12 poin) dengan penghuni  di posisi dua saat ini (Manchester City) maka Ferguson akan dapat lebih mempersiapkan pemain utamanya ketika akan menghadapi Real Madrid nanti.
  • Masuknya amunisi penyerang  Van Persie tidak dapat diragukan lagi kontribusinya musim ini, gol-gol dan assist-nya bagi United sangat banyak membantu kemenangan klub, bahkan gol-gol penentu tak jarang hadir dari kaki atau kepalanya.
  • Ronaldo sempat memaparkan bahwa United adalah klub yang mampu menghasilkan segalanya dengan baik, setiap tahun klub ini selalu berada di papan atas klasemen liga Inggris, akan sangat sulit mengalahkan United di markasnya.
  • Alex Ferguson sangat faham dengan anak buahnya dan merekapun sangat patuh dengan manajer yang satu ini, perintah apapun yang diucapkan dari mulutnya maka tidak ada satupun yang berani membantah, dan kondisi ini berbeda jauh dengan Mourinho di Madrid.
  • Ronaldo memang menjadi senjata andalan Real Madrid, namun United sangat mengenal bagaimana cara ia bermain karena yang ikut menempa pemain ini adalah mereka selama 6 tahun, jadi tidak keliru sekiranya dikatakan Ferguson tahu benar bagaimana cara mengentikan 'Mesin Gol' yang satu ini.
  • Kekhawatiran utama dari klub ini adalah pertahanannya, mereka telah kemasukan 28 gol dalam waktu setengah musim ini di Liga Inggris mengingat musim lalu total mereka kemasukan 33 gol, maka statistik ini patut menjadi perhatian, dan dapat ditebak kepada siapa kambing hitamnya kali ini adalah pengganti Van Der Sar yaitu David De Gea, kiper muda asal Spanyol ini selalu dikaitkan dengan pengalaman dan kemampuannya berkiprah di Liga Inggris.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar